Launcing aplikasi dunia Lansia Takshow”orang muda peduli lansia”

Jakarta, indonetnews – Launcing aplikasi dunia Lansia Takshow”orang muda peduli lansia” itulah tema yg di usung menjadi Lansia yg smart ,sehat,mandiri,aktif rajin,Taat. bertempat di RS Mayapada Lebak Bulus jakarta selatan sabtu,27/4/2019. dan dalam takshow tersebut hadir para pembicara nara sumber yg handal prof.(EM)DR.SAPARINAH SADELI EVITA DJAMAN.M PSI. PSlKOLOG DR.SEILA AGUSTINI,SPS. dan MC SONI MONGAN. paparan pertama disampaikan oleh DR SEILA yang membahas DIMENTIA Kegiatan tersebut, menurut dia, sangat bermanfaat bagi lansia. Selain mengisi waktu luang, kegiatan ini juga mengingatkan agar menjaga kesehatan, melatih daya ingat dan menambah ketrampilan.Ia menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini membentuk masa depan lansia yang sehat dengan melaksanakan program senam sehat.

Selain itu,meningkatkan kreativitas lansia, menambah wawasan lansia dengan melakukan program pembinaan pertumbuhan dan mengedukasi masa depan lansia.Kegiatan tersebut, menurut dia, sangat bermanfaat bagi lansia. Selain mengisi waktu luang, kegiatan ini juga mengingatkan agar menjaga kesehatan, melatih daya ingat dan menambah ketrampilan.

“Kami juga senang bisa berkumpul bersama dan saling ngobrol,”tuturnya.

Otak adalah pusat berfikir, pusat fungsi emosi, pengendalian semua fungsi tubuh.
· Apa akibatnya bila sel-sel syaraf otak berkurang?
Bila berkurang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer (pikun) dengan gejala sebagai berikut:
– Gangguan memori/ingatan
– Gangguan orientasi waktu, tempat dan orang
– Kesulitan berpikir abstrak
– Perubahan suasana hati dan perilaku, seperti agresif, cepat marah, kehilangan minat untuk berinteraksi

· Apa pengertian intelektual?
Adalah kemampuan seseorang dalam menerima, memahami dan menyimpan informasi serta kemampuan menggunakan dan mengamalkannya sehari-hari.
· Kondisi apa yang dialami Lansia bila terjadi penurunan fungsi intelektual?
Gangguan persepsi, penurunan konsentrasi, gangguan bahasa dalam komunikasi, penurunan daya ingat.
· Konsisi apa yang dialami Lansia bila terjadi penurunan fungsi intelektual?
Gangguan persepsi, penurunan konsentrasi, gangguan bahasa dalam komunikasi, penurunan daya ingat.
· Stimulasi apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan/ mempertahankan fungsi intelektual?
Membaca, menulis, mengarang, dan berkesenian. Melakukan permainan-permainan (catur, halma, congkak, ular tangga, teka-teki silang, puzzle, dan lainnya) meningkatkan silaturahmi, rekreasi dengan keluarga. Senam otak (Brain exercise)
· Bagaimana cara melakukan stimulasi otak?
Senam otak (brain exercise), bercerita/mendongeng.
· Bagaimana cara untuk melakukan senam otak?
Dengan cara melakukan gerakan yang harmonis antara anggota tubuh bagian kanan dan kiri untuk memicu otak kanan maupun otak kiri agar memperlambat penurunan fungsi intelektual, dengan tujuan mengaktifkan aliran darah yang akan memberikan suplai oksigen ke otak, agar otak dapat berfungsi optimal
· Apa manfaat bila bercerita/mendongeng?
Membina hubungan dengan anak-anak. Anak dan Lansia sama-sama senang. Memberdayakan lansia melatih kesabaran Lansia

DIMENSI FISIK
· Perubahan apa saja yang terjadi pada Lansia?
Lansia mengalami perubahan fisik, mental dan sosial secara alamiah dengan bertambahnya usia.
· Perubahan fisik
Ditandai dengan penurunan aktivitas fisik, mudah lelah, pendengaran berkurang, penglihatan menurun, rambut memutih, dan kulit kering dan keriput, gigi geligi mulai tanggal dan lainnya.
· Perubahan mental
Ditandai dengan menyendiri, sulit tidur, kesedihan karena ditinggal pasangan atau orang terdekat, mudah tersinggung, depresi dan demensia/pikun
· Perubahan sosial
Ditandai dengan kecenderungan menyendiri, tidak punya gairah hidup untuk berkumpul dengan teman sebaya, keluarga besar, anak dan cucu.
· Perubahan kesehatan reproduksi apa saja yang perlu diketahui Lansia?
Pada lansia dapat terjadi perubahan fungsi seksual, pada laki-laki disebut andropause, dan pada perempuan disebut monopause
· Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memelihara kesehatan Lansia?
Aktivitas Fisik
Jalan kaki, berlari santai, naik sepeda, dan berenang, latihan otot dengan bola basket, latihan otot kaki.
Makanan Sehat
Makan makanan yang sehat dan seimbang. Makan sering dalam porsi sedikit. Banyak makan sayuran hijau atau buah anekawarna. Protein nabati berupa tempe, tahu minum air putih sebanyak 8-12 gelas/hari, cukup tidur, latihan pernafasan, menghindari asupan alkohol, tidak merokok, pemeriksaan kesehatan berkala, perawatan kesehatan Lansia.
Berhubungan dengan aktivitas ehari-hari. Tidak berbaring terlalu lama karena dapat terjadi luka (decubitus). Lansia yang sering berbaring dan menggunakan kursi roda perlu mendapatkan pijatan di daerah tungkai bawah agar otot tungkai tidak mengecil.
· Alat bantu sederhana apa saja yang dapat dipakai oleh Lansia/
Penglihatan yang berkurang dibantu dengan kacamata. Pendengaran yang berkurang dibantu dengan alat bantu pendengaran. Gigi yang hilang / ompong dapat menggunakan gigi palsu.

DIMENSI EMOSIONAL
· Apa yang dimaksut dengan emosi?
Emosi merupakan reaksi dari apa yang ada di pikiran. Emosi manusia yang di bagi dua yaitu:
Emosi positif (menyenangkan)
Emosi negatif (tidak menyenangkan)
· Apa yang dimaksut dengan kondisi emosional?
Adalah keadaan psikologis meliputi aspek kemampuan berpikir, perasaan, maupun sikap yang tampak melalui perilaku yang dapat di amati.

Kecerdasan emosi ( emotional quotient/ EQ ) adalah kemampuan seseorang untuk: mengenali emosi, mengendalikan / mengontrol emosi , turut merasakan perasaan orang lain (empati)

Lima tipe kepribadian:
Kepribadian konstruktif, kepribadian mandiri, kepribadian tergantung, kepribadian bermusuhan, kepribadian kritik diri.
· Masalah psikologis yang sering terjadi pada lansia:
Kecemasan dan ketakutan, mudah tersinggung, rasa kesepian, hilangya rasa percaya diri, bermimpi masa lampau, egois
Kekerasan yang terjadi pada lansia yaitu kekerasan lingkungan, kekerasan dalam rumah.
· Bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan lansia?
Menunjukkan antusiasme, memberikan senyuman yang tulus , melakukan kontak mata menjadi pendengar yang baik. Menanyakan minat mereka, membina kedekatan emosional.
· Bagaimana cara pemberdayaan lansia?
Lansia mempersiapkan diri untuk menyesuaikan dengan keadaan , baik ekonomi, keluarga dan lingkungan.
Masyarakat mengikutsertakan dalam kegiatan di lingkungannya dengan memperhatikan kondisi lansia dan menjaga tali silaturahim.
Keluarga menyediakan waktu , memberi perhatian , menciptakan suasana yang menyenangkan , memfasilitasi kegiatan sesuai dengan keinginannya.
Siapa yang disebut Lansia Tangguh?
Lansia tangguh adalah seseorang atau kelompok Lansia yang berumur diatas 60 tahun bercirikan Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif.
· Bagaimana cara mewujudkan Lansia Tangguh?
Dapat dilaksanakan melalui Promotif (promosi), Preventif (Pencegahan), Kuratif (Pengobatan), dan Rehabilitatif (Pemulihan).
· Apa saja program Lansia Tangguh berdasarkan 7 dimensi?
Pembangunan Keluarga Lansia tangguh ditinjau dari dimensi spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional, dan lingkungan.dalam kegiatan ini pun sebuah inovasi baru di era digital kini telah hadir di tengah kita Aplikasi DUNIA LANSIA.com bagi yang membutuhkan informasi seputar Lansia bisa di akses di dlm aplikasi ini.acara pun berlangsung semarak di hadiri 100 orang peserta yang dlm acara kegiatan tersebut.setelah usai rangkaian acara di isi acara senam bersama senam yg berbeda yaitu senam” jari jari” semua kompak semangat di akhir acara di tutup dengan ramah tamamah dan makan siang.(BARLEY/inn)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply